Pao 

Nyetok pao beku lagi nih…

Kali ini nyoba resep yang nemplok di kotak raginya (tak persis, tentu saja, haha). Kalau isiannya mengarang bebas, seadanya persediaan bahan di dapur.

Bahan:

1000 gr tepung terigu cakra
500 ml air
100 gr shortening
250 gr gula halus
1 bungkus ragi instan GS

Isian

Aku pakai dua jenis isian, satu rasa coklat (coklat blok aja diiris-iris, aku pakai coklat baker’s mart, lebih enak dari colatta rasanya). Sebagian lagi kuisi adonan susu. Bahannya sbb:

250 gr kentang, direbus, haluskan
100 ml susu putih
2 sdm gula pasir
75 gr keju cheddar parut
Cara Pembuatan 

1. Campur bahan kering (terigu, ragi, gula halus) hingga rata.

2. Masukkan air perlahan sambil diaduk menggunakan spatula hingga bercampur rata.

3. Masukkan shortening. Aduk hingga kalis.

4. Bulatkan, istirahatkan selama ±20 menit. Tutup dengan serbet bersih lembab.

5. Sambil menunggu, kita buat isiannya: Rebus susu dengan api kecil. Masukkan keju parut dan gula pasir, aduk terus hingga bercampur (jika ingin larut, lebih baik menggunakan creamcheese). Terakhir masukkan kentang halus. Aduk terus hingga mengental dan meletup-letup. Angkat. Dinginkan.

6. Siapkan kukusan. Rebus air dan bungkus tutup panci dengan serbet bersih agar uap air tidak menetes ke dalam panci.

7. Bagi adonan menjadi 30 bagian (untuk ukuran bakpao matang ± sekepalan tangan). Aku gunakan spatula untuk memotong adonan.

8. Ambil tiap potong, bulatkan berjejer. Lalu beri isian kira-kira 1 sdm. Tarik sisa adonan ke arah bawah agar permukaannya bulat rapi. Beri alas potongan kertas roti.

9. Kukus ±10 menit. Beri jarak sekeliling min.½ diameter pao

Lalu setelah matang bisa langsung dimakan, sisanya simpan di kulkas. Kukus dulu jika akan dimakan.

P.S. Kalau dibanding resep dari mbak Astri Nugraha (yang dulu pernah aku coba di postingan Bakpau Setengah), yang ini kurang empuk. Jadinya lebih mirip tekstur bakpao di pasar, agak-agak kenyal gitu. 

Sambel Goreng Ampela

Berhubung gak terlalu suka ati tapi doyan ampela jadi cuss diganti aja ya. Ceritanya gegara ada yang kangen makan-makan ala kondangan, jadi untuk menghibur duka lara mari kita masak seadanya yang rada nyerempet-nyerempet sana.

Yang perlu disiapkan: 

◾kentang (3 aja ukuran sedang, kira2 total 300-400 gr, lah); 

◾ampela 5 biji; 

◾bumbu halus:  1.bawang merah dan bawang putih, lupa tadi segimana, kira2 aja; 2.  lengkuas bubuk 1 sdm; 3. kemiri 2 butir; 4. cabe merah keriting 10 buah –> semua diblender

◾jahe 2 cm diparut; 

◾garam ½ sdt; 

◾penyedap sukarela aja; 

◾sereh sebatang disimpul; 

◾ bunga lawang dua keping 

◾gula pasir secukupnya

◾santan encer kira-kira 150 ml;

◾minyak goreng untuk menggoreng kentang, ampela, dan menumis

Setelah semua siap, kita mulai prosesnya:

  1. Iris-iris ampela lalu campur dengan jahe parut, sisihkan.
  2. Kupas kentang ➡cuci➡iris dadu➡goreng agak kering➡sisihkan.
  3. Goreng ampela dengan minyak sisa menggoreng kentang hingga matang (tidak kering). Tiriskan, buang minyaknya (yang juga mengandung lemak dari ampela, dengan cara ini ampela tidak bau amis).
  4. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng baru. Masukkan bunga lawang, sereh, masak hingga wangi.
  5. Masukkan ampela, masak hingga menyerap bumbu. Jika perlu tambah air sesekali.
  6. Lalu tuangkan santan perlahan sambil diaduk.
  7. Setelah mendidih dan agak menyusut, masukkan kentang goreng. Masukkan juga garam dan gula pasir. Masak hingga kering (atau masih berkuah jika lebih suka begitu). 

Sup Krim Kentang

image

Oh ya, dapur kost-ku memiliki anggota baru. Sebuah mixer sharp libre dengan hand blender-nya. Khusus tentang si new member itu akan kubahas di postingan lain insya’a-llah.

Nah, sekarang langsung saja kutulisketik cara membuat sup krim yang kubuat menggunakan hand blender itu.

Bahan-bahan:
3 buah kentang, direbus
100 ml kaldu ayam
daging ayam rebus dicincang secukupnya
sekitar 5 cm wortel dipotong dadu kecil (brunoise)
1 sdm margarin
garam
merica

Cara Membuat:
1. Hancurkan kentang rebus hingga halus.
2. Lelehkan margarin lalu tumis wortel sebentar, masukkan ayam cincang, aduk.
3. Masukkan puree kentang, aduk rata.
4. Tuangkan kaldu ayam, aduk rata hingga meletup-letup.
5. Masukkan merica dan garam. Aduk rata. Matikan api. Sajikan.

pancake layak coba

ini sih, sarapan paling simpel yang masih dimasak (kenapa perlu ditulis “dimasak”, soalnya sandwich oles mentega atau selai doang masih lebih praktis kan), nikmat (segagal-gagalnya bikin pancake, aduh pancake doang, gak bakalan ancur-ancur banget rasanya, kecuali gosong rata, haha), variatif (yang ini akan kubuktikan kemudian), asyik lah.

ada beberapa resep yang bisa dicoba

Continue reading “pancake layak coba”

mashed potatoes

[note:ricecookerable]

Hari ini bangun kesiangan, pukul setengah empat, padahal sudah berniat sahur.

Buat makanan mendadak, mashed potato pilihan tepat. Hanya 5 menit (catatan: sudah punya kentang rebus yang dihaluskan).

Bahan-bahan:
  1. 100 gr kentang halus
  2. 150 ml susu cair
  3. garam secukupnya
  4. lada putih bubuk secukupnya

Continue reading “mashed potatoes”