Bihun Goreng

Karena aku pemegang rekor resep tak pernah sama (alias masak sekenanya, seadanya bahan dan bumbu), jadi penulisan resep kadang hanya sekedar meal diary atau ngabsen bumbu, bukan petunjuk seolah prosedur di lab. Bihun goreng ini termasuk makanan kesukaan, apalagi kalau dapat besek dari hajatan. Beuh!

Berhubung sudah jarang kondangan dan resepsi zaman sekarang rada jarang pakai bihun, buncis kelapa, sambel goreng ati, cuss lah kita buat aja.

Harusnya sih pakai bihun biasa, lebih enak, tapi adanya bihun jagung. Ya udah. Biasanya ga pake kecap, tadi iseng dan penasaran, gelontorlah si kecap dari botolnya. 

Biasanya ngulek bumbu sendiri: bawang putih, bawang merah,lada putih, sedikit merica. Tadi malasssss jadilah yang nyemplung: bawang putih bubuk, lada putih bubuk, saus tiram. 

Tambah iris-iris daun bawang dan sawi sisa masak indomie. (Padahal biasanya berlimpah sayur, selain sawi plus irisan kol tipis dan seledri). Sreng-sreng…

Advertisements

Mie Titi (2)

image

Sejak jajan mie titi tempo hari di foodcourt kerfur, beberapa kali coba buat sendiri di rumah. Jarang karena printilannya lumayan banyak sih, ya ayam, udang juga, bakso lah… Tapi seringnya jadi tanpa anggota lengkap: udang yang hampir selalu absen.

Selain itu yang bikin males juga goreng mie nya yang harus jebur-jebur di minyak biar kriuk dan gak jemek. Akhirnya kalau buat lagi, gorengnya sekalian agak banyak, jadi nyetok mie kriuknya, begitu.

Sore tadi, berhubung isi kulkas sudah tidak banyak menyisakan kelapangan memasak (bahan sedikit dan sedihnya ada yang rusak karena empat hari ini tidak masak), pilihan jatuh pada pangan non nasi (selalu sedia mie dan pasta sih untungnya).

Jadi yang tersisa a.l.: irisan sawi putih, kol, seledri+daun bawang, wortel beku, ayam beku, kaldu beku. Masih mungkin buat mie kuah sop, tapi akhirnya jatuh pada mie titi biar ada kesan ngemil di kriuknya.

Karena ketersediaan bahan yang variatif setiap kali memasak, makanan di dapur kost tidak punya standar, tapi berpegang pada konsep makanannya saja. Misal, untuk mie titi konsepnya adalah mie yang digoreng kering lalu disiram kuah bening (agak kental sih enaknya) plus sayuran. Karena ini masakan dengan pengaruh chinese food, jadi rasanya gurih-gurih enteng gitu.
Panjang amat ya sekedar mau bilang kalo gak bisa ngulang rasa masakan yang sama, hahah.

However, aku bukan eksperimentalis, jadi jiwa sainsnya cukup berhenti dalam konsep yang abstrak. #ngopidulu #bukancoke

image