Bihun Goreng

Karena aku pemegang rekor resep tak pernah sama (alias masak sekenanya, seadanya bahan dan bumbu), jadi penulisan resep kadang hanya sekedar meal diary atau ngabsen bumbu, bukan petunjuk seolah prosedur di lab. Bihun goreng ini termasuk makanan kesukaan, apalagi kalau dapat besek dari hajatan. Beuh!

Berhubung sudah jarang kondangan dan resepsi zaman sekarang rada jarang pakai bihun, buncis kelapa, sambel goreng ati, cuss lah kita buat aja.

Harusnya sih pakai bihun biasa, lebih enak, tapi adanya bihun jagung. Ya udah. Biasanya ga pake kecap, tadi iseng dan penasaran, gelontorlah si kecap dari botolnya. 

Biasanya ngulek bumbu sendiri: bawang putih, bawang merah,lada putih, sedikit merica. Tadi malasssss jadilah yang nyemplung: bawang putih bubuk, lada putih bubuk, saus tiram. 

Tambah iris-iris daun bawang dan sawi sisa masak indomie. (Padahal biasanya berlimpah sayur, selain sawi plus irisan kol tipis dan seledri). Sreng-sreng…

Advertisements

Bubur Oatmeal

Ini menu yang paling sering kusajikan untuk sarapan. Pendampingnya secangkir kopi atau segelas jus lemon. Cukup sebagai asupan energi sampai waktunya makan siang.

Bahan:

5 sdm oatmeal

200 ml air putih/susu uht

3 sdm madu

 

Cara Membuat:

  1. Larutkan oatmeal dengan air/susu di panci/ricecooker pot.
  2. Panaskan sambil diaduk-aduk terus.
  3. Jika oatmeal sudah hancur dan meletup-letup beberapa saat, matikan api/ ricecooker.
  4. Tuangkan bubur pada mangkuk, siram dengan madu.

Pancake isi kacang hijau

Buat pancakeseperti biasa, lalu sisihkan. Kita buat dulu isinya (bisa untuk dioleskan pada pancake lalu dilipat, atau ditumpuk dengan selembar pancake lagi, atau dijadikan topping saja).

Siapkan kacang hijau yang sudah tanak, hancurkan sampai halus, lalu campur dengan susu cair (ukurannya, kalau kacang hijaunya sekitar seperdelapan kgi maka susu UHT yang dibutuhkan sekitar 50 mL). Tambah gula pasir sesuai selera manisnya. Agar wangi tambahkan daun pandan atau vanili. Tapi yang lebih feasible di kostan sih biasanya vanili bubuk aja.

Dipanaskan di atas api kecil hingga mengering. Dimasak di dalam rice cooker juga bisa sih, tapi untuk membuat pancake-nya tetap butuh wajan. Jadi mending sekalian dikerjakan di dapur aja semuanya.

Setelah isinya jadi. Ambil satu pancake, masukkan bahan isi. Setelahnya, jika suka bisa disiram sedikit madu.

i Karena di kostan ga ada timbangan, jadi untuk ukuran aku biasanya mengira-ngira dari volume kemasan bahan. Misalnya yang setengah kg, untuk mendapatkan 100gr ya dibagi lima, kalau seperdelapan kg alias 125 gr berarti dibagi empat, dst.

pancake layak coba

ini sih, sarapan paling simpel yang masih dimasak (kenapa perlu ditulis “dimasak”, soalnya sandwich oles mentega atau selai doang masih lebih praktis kan), nikmat (segagal-gagalnya bikin pancake, aduh pancake doang, gak bakalan ancur-ancur banget rasanya, kecuali gosong rata, haha), variatif (yang ini akan kubuktikan kemudian), asyik lah.

ada beberapa resep yang bisa dicoba

Continue reading “pancake layak coba”

mashed potatoes

[note:ricecookerable]

Hari ini bangun kesiangan, pukul setengah empat, padahal sudah berniat sahur.

Buat makanan mendadak, mashed potato pilihan tepat. Hanya 5 menit (catatan: sudah punya kentang rebus yang dihaluskan).

Bahan-bahan:
  1. 100 gr kentang halus
  2. 150 ml susu cair
  3. garam secukupnya
  4. lada putih bubuk secukupnya

Continue reading “mashed potatoes”