Bihun Goreng

Karena aku pemegang rekor resep tak pernah sama (alias masak sekenanya, seadanya bahan dan bumbu), jadi penulisan resep kadang hanya sekedar meal diary atau ngabsen bumbu, bukan petunjuk seolah prosedur di lab. Bihun goreng ini termasuk makanan kesukaan, apalagi kalau dapat besek dari hajatan. Beuh!

Berhubung sudah jarang kondangan dan resepsi zaman sekarang rada jarang pakai bihun, buncis kelapa, sambel goreng ati, cuss lah kita buat aja.

Harusnya sih pakai bihun biasa, lebih enak, tapi adanya bihun jagung. Ya udah. Biasanya ga pake kecap, tadi iseng dan penasaran, gelontorlah si kecap dari botolnya. 

Biasanya ngulek bumbu sendiri: bawang putih, bawang merah,lada putih, sedikit merica. Tadi malasssss jadilah yang nyemplung: bawang putih bubuk, lada putih bubuk, saus tiram. 

Tambah iris-iris daun bawang dan sawi sisa masak indomie. (Padahal biasanya berlimpah sayur, selain sawi plus irisan kol tipis dan seledri). Sreng-sreng…

Penyet tempe cabai hijau

image

Sedap sekejap!
Iris tempe, bumbui dengan garam, bubuk bawang putih dan sedikit merica bubuk, goreng, tiriskan.
Lalu potong kasar beberapa bawang merah dan cabai hijau (jika ingin pedas dapat ditambahkan rawit hijau), goreng bawang hingga matang, sementara cabai digoreng asal layu saja, diulek bersamaan setelah ditambahkan garam. Ulek kasar saja. Lalu tuang di atas tempe, dipenyet sedikit dg menggunakan ulekan bekas sambal…

Silakan dinikmati…
Lebih sedap dengan nasi panas…!

malam panas berayam

Cuaca jogja makin parah rasanya. Malam begini suhu ruang aja 33 derajat celcius. Gimana mau masak?! Haduh… Tapi berhubung lapar harus diatasi, masak yang praktis aja deh: sup sawi putih dan chicken teriyaki (sesuai dengan persediaan bahan di kulkas).

Untuk sayurannya, iris-iris sawinya. Lalu rebus kaldu ayam (selalu sedia nih), cemplungkan potongan sayur, tunggu matang, beri sedikit garam, angkat.

Sementara untuk ayam, potong tipis dada ayam, lumuri dengan parutan jahe, sisihkan. Tumis irisan bawang bombay, lalu tuangkan 2 sdm saus teriyaki, beri sedikit air. Terakhir masukkan ayam, tunggu hingga ayam matang dan sausnya meresap, angkat.

Ayok makan…!

image

Tongseng Ayam semi-instan

image

Resep:
100 gr paha ayam atas, sisihkan tulangnya
Kol putih secukupnya
1 buah tomat merah ukuran sedang
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/3 bungkus bumbu “bamboe” gule
1 cm jahe, digeprek
2 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
3-4 sdm kecap manis
3 buah rawit merah diiris (atau ditambah sesuai selera)
Gula pasir dan garam sbg penyedap rasa
Air secukupnya

Cara membuat:
1. Bersihkan ayam dan potong kecil2.
2. Haluskan/cincang bawang, lalu ditumis bersama jahe, daun jeruk, dan daun salam. Setelah bawang agak matang, masukkan bumbu bamboe hingga wangi.
3. Masukkan ayam. Campurkan kecap dan rawit. Masak hingga ayam matang.
4. Tuangkan air. Setelah mendidih, masukkan kol.
5. Setelah matang, masukkan irisan tomat dan gula garam. Aduk sebentar. Angkat.

Ayam Fillet Saus Nanas

Nanas yang dibeli di Lembang masih bersisa satu buah. Hmm, kayaknya asik nih dimasak dengan sisa ayam yang masih ada di kulkas. (Ini masih di rumah Tante di Cimahi, hehe)

ini yang sudah jadi. berhubung lagi di rumah tante, ada piring lumayan bagus, jadi genit dikit dah :p

Begini cara buatnya, simpel betul:

Bahan:

  • 100 gr daging ayam fillet, dipotong kotak
  • satu bungkus tepung bumbu ayam goreng (lagi kepengen praktis ceritanya)
  • minyak goreng
  • saus  tomat
  • nanas, dipotong kecil-kecil
  • 2 buah bawang putih digeprek
  • sati buah bawang bombay ukuran sedang diiris tipis
  • 150 ml air
  • 1 sdt tepung maizena, dilarutkan
  • garam dan gula pasir sedikit saja bila perlu

Cara membuat:

  1. Buat adonan celupan dari tepung bumbu. Celupkan ayam, lalu balut dengan tepung bumbu kering. Goreng hingga matang dan kering.
  2. Rebus air dalam panci, setelah mendidih masukkan bawang putih.
  3. Kemudian tuangkan saus tomat, aduk rata. Lalu masukkan bawang bombay dan potongan nanas.
  4. Setelah nanas matang, masukkan garam dan gula pasir secukupnya. Jika tak suka memakan bawang putih,ambil potongan bawang putih sisihkan.
  5. Kentalkan saus dengan mencampurkan larutan tepung maizena. Angkat, sisihkan, biarkan agak dingin.
  6. Tata ayam goreng dalam piring/mangkuk saji, lalu tuangi dengan saus nanas.
jadilah...jadilah...

Kangkung in Action

Jadi, begini ceritanya… Suatu ketika,orang-orang sekost malas betul pergi ke pasar. Di dapur yang tersisa hanya dua ikat kangkung, tambahan satu ikat lagi yang diberi Mbak Eva karena beliau akan pergi beberapa hari. Otomatis, menu kami: kangkung lagi…. kangkung lagi…

setidaknya ada beberapa resep yang berbeda dengan tokoh utama kangkung ini, hahaha.

Kangkung Belacan

Intinya, ini tumis kangkung bumbu terasi.

Bahan:

  • Seikat Kangkung, disiangi, dipetiki
  • 3 butir bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 3 buah cabai, kalau suka pedas, silakan ditambah
  • sepotong terasi, sesuai selera, dibakar
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 50 ml air

Cara membuat:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah dan terasi
  2. Tumis bumbu hingga harum dan matang
  3. Masukkan kangkung, tuangkan air, masak hingga matang. Jangan terlalu matang agar warnanya tidak rusak.
  4. Sajikan.
Cah Kangkung Cumi

Nah, selain kangkung, waktu itu ada sisa cumi yang masih mendekam di kulkas. Berita bagus ini, cocok untuk variasi. maka, dicampurlah sang cumi dalam tumis kangkung berikut ini:

Bahan:

  • Seikat kangkung, disiangi dan dipetiki
  • 100 gr cumi basah, dipotong bulat-bulat
  • 4 buah cabai merah diiris tipis
  • 2 butir bawang putih
  • 3 buah bawang merah
  • garam
  • gula pasir
  • saus tiram secukupnya

Cara Membuat:

  1. Haluskan bawang merah dan bawang putih.
  2. Tumis bumbu halus, setelah wangi, masukkan irisan cabai dan cumi.
  3. Setelah cumi berubah warna, masukkan kangkung, masak hingga matang. Sajikan dengan nasi panas.

Tadaa, tumis kangkung cumi kita lumayan lah, jauh lebih hemat daripada beli di warung seafood b^^

Kangkung Saus Tiram

Yang ini sama saja dengan tumis kangkung cumi, tapi berhubung cumi habis, jadi tinggal saus tiramnya saja :ninja:

Kangkung ala Sunda

kangkung sudah habis, tapi biar sekalian, kushare saja resep kangkung ala sunda ini di sini, mumpung banyak saudara-saudaranya. Kenapa ala sunda? Karena dicampur oncom, sesederhana itu saja alasannya, hehe.