Pao 

Nyetok pao beku lagi nih…

Kali ini nyoba resep yang nemplok di kotak raginya (tak persis, tentu saja, haha). Kalau isiannya mengarang bebas, seadanya persediaan bahan di dapur.

Bahan:

1000 gr tepung terigu cakra
500 ml air
100 gr shortening
250 gr gula halus
1 bungkus ragi instan GS

Isian

Aku pakai dua jenis isian, satu rasa coklat (coklat blok aja diiris-iris, aku pakai coklat baker’s mart, lebih enak dari colatta rasanya). Sebagian lagi kuisi adonan susu. Bahannya sbb:

250 gr kentang, direbus, haluskan
100 ml susu putih
2 sdm gula pasir
75 gr keju cheddar parut
Cara Pembuatan 

1. Campur bahan kering (terigu, ragi, gula halus) hingga rata.

2. Masukkan air perlahan sambil diaduk menggunakan spatula hingga bercampur rata.

3. Masukkan shortening. Aduk hingga kalis.

4. Bulatkan, istirahatkan selama ±20 menit. Tutup dengan serbet bersih lembab.

5. Sambil menunggu, kita buat isiannya: Rebus susu dengan api kecil. Masukkan keju parut dan gula pasir, aduk terus hingga bercampur (jika ingin larut, lebih baik menggunakan creamcheese). Terakhir masukkan kentang halus. Aduk terus hingga mengental dan meletup-letup. Angkat. Dinginkan.

6. Siapkan kukusan. Rebus air dan bungkus tutup panci dengan serbet bersih agar uap air tidak menetes ke dalam panci.

7. Bagi adonan menjadi 30 bagian (untuk ukuran bakpao matang ± sekepalan tangan). Aku gunakan spatula untuk memotong adonan.

8. Ambil tiap potong, bulatkan berjejer. Lalu beri isian kira-kira 1 sdm. Tarik sisa adonan ke arah bawah agar permukaannya bulat rapi. Beri alas potongan kertas roti.

9. Kukus ±10 menit. Beri jarak sekeliling min.½ diameter pao

Lalu setelah matang bisa langsung dimakan, sisanya simpan di kulkas. Kukus dulu jika akan dimakan.

P.S. Kalau dibanding resep dari mbak Astri Nugraha (yang dulu pernah aku coba di postingan Bakpau Setengah), yang ini kurang empuk. Jadinya lebih mirip tekstur bakpao di pasar, agak-agak kenyal gitu. 

Advertisements

image

Bahan:
1,5 cup terigu all purpose
0,5 cup susu
2 butir telur ukuran sedang
0,5 cup gula pasir
50gr margarin cair
0,5 sdt baking soda
2 sdm matcha (saya pake merk hersi)
Topping keju atau meses

Pembuatan:
1. Kocok telur dan gula hingga larut sempurna
2. Masukkan susu, aduk rata
3. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk, baking soda, dan matcha. Aduk rata.
4. Tuangkan margarin cair yang sudah dingin
5. Tuang ke cetakan, atau buat dengan teflon pan saja seperti hendak membuat pancake.

image

6. Taruh topping setelah menuangkan adonan. Kalau telat nanti keburu kering ya…

image
Versi dicetak

Cake wortel gagal

image

Beberapa hari lalu aku membuat jus wortel, tapi karena kangen makan cake wortel, jus nya kukorup, hehe. Aku sengaja asal memeras hasil blenderan wortel dan malah menyisakan sebagian tak diperas untuk dibuat kue keesokan harinya.

Begini caraku membuatnya:
1. Pertama kukumpulkan semua bahan-bahannya: parutan (plus sebagian ampas, hehe) dari 3 buah wortel; 1 cup terigu (belum juga punya timbangan jadi masih pake cup-cup an dah); 1 sachet susu dancow instant; 100ml minyak goreng; 1sdt ovalet; 1 sdt kayu manis bubuk; 1/2 sdt vanili bubuk; 5 sdm gula pasir; 2 butir telur.

2. Langsung saja kita kocok telur, ovalet, dan gula pasir hingga mengembang dan mengental.

3. Kemudian di tempat terpisah, kucampur terigu, susu, vanili, dan kayu manis.

4. Campur perlahan terigu cs ke dalam adonan hingga teraduk rata.

5. Nah, saatnya tokoh utama nyemplung. Tuangkan wortelnta perlahan. Aduk tanpa mixer saja. Dengan gerakan melipat. Kalau sudah rata, terakhir tuangkan minyak. Aduk rata.

6. Waktu itu aku langsung menuangnya di dalam panci rice cooker tapi ternyata meski telah terbentuk kulit dan nampak matang setelah dimasak 30′ bagian dalamnya masih basah begitu kulakukan tes tusuk. Ah, tidak mau mengambil resiko langsung saja kusiapkan dandang untuk mengukys.Akhirnta matanglah si kue di kukusan, haha.

Jadilah dia resep gagal dengan teknik pembuatan yang ngaco, tapi ternyata di luar dugaanku masih enak kok, haha. Malah ada yang nagih. Halah, gimana ini cara masaknya lagi tanpa gagal? :p