JAMU GINGGANG


image

Warung jamu ini sudah cukup terkenal di yogyakarta dan sekitarnya. Bahkan beberapa media nasional pernah meliputnya hingga tak menutup kemungkinan terdapat kalangan tertentu yang mengenal dan menyukainya di sejumlah daerah di luar DIY dan sekitarnya.

Warung jamu ini dirintis oleh seorang abdi dalem Pakualaman setelah mendapat izin untuk meracik jamunya untuk masyaraka umum. Tak heran, posisinya pun tidak jauh dari komplek kraton Pakualaman.

image

Jenis jamu yang ditawarkan bermacam-macam. Mulai dari yang biasa kita kenal seperti beras kencur, kunir asem, paitan, hingga ada jamu untuk kondisi khusus seperti jamu masuk angin atau jamu uyup-uyup untuk ibu menyusui. Masih banyak lagi yang lain seperti jamu sawan tahun, sehat putri, dan sebagainya.

Rasanya tentu lebih enak dibanding dengan jamu yang dijual bakul keliling. Misalnya kunir asem yang menjadi favoritku, rasanya unik dan jelas bukan hanya campuran kunyit, asem, dan gula, tapi ada campuran bahan lain yang membuat rasanya lebih pekat, apalagi bila ditambah es batu dan diminum saat cuaca panas, segarnya. Satu lagi yang cukup sering kuminum adalah jamu masuk angin. Rasanya hangat dan menyegarkan, membuat perut terasa lebih nyaman.

Mengenai harga, jelas lebih mahal dari bakul jamu biasa, tapi sebanding dengan kualitasnya. Misalnya segelas jamu kunir asem dapat kita nikmati dengan harga di bawah sepuluh ribu rupiah.

image

Selain jamu yang enak dan menyegarkan, warung ini juga menawarkan situasi yang menarik untuk dinikmati. Interiornya didesain untuk menghadirkan suasana zaman dulu; menggunakan set kursi lama; memajang sejumlah sangkar burung kosong, dakonan, dan beberapa detail lain yang menjadikan tempat ini cukup nyaman dijadikan tempat bersantai sejenak sambil menikmati jamu.

image

Tidak hanya dapat dinikmati di tempat, jamu yang dipesan pun dapat dibungkus untuk dibawa pulang. Bahkan, selain jamu yang siap minum, disediakan juga beberapa jenis jamu yang telah dikeringkan. Ada yang instan, siap dinikmati setelah diseduh, juga ada jamu godog yang perlu proses direbus dulu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s