Mi Ayam


Kalau hari libur, malas keluar rumah. Enaknya diam di rumah, mengurung diri dan libur dari ketemu orang banyak. Konsekuensinya, segala kebutuhan yang perlu diambil di luar rumah harus disediakan di dalam rumah. Jajanan sekalipun, mie ayam misalnya. Udah deh langsung buat aja.

Ada beberapa hal yang disiapkan untuk meracik mie ayam, antara lain: mie rebus, sawi rebus, ayam cincang kecap, dan minyak ayam.

Kalau mie rebus, gampang ya. Pakai aja mie telor kering lalu direbus. Kalau mau beli mie basah di pasar juga bisa. Atau mau buat sendiri? Bebas! Sawi pun tinggal dipotong2 dan direbus. Sisihkan.

Untuk membuat minyak ayam, panaskan sekitar 2 sdm minyak goreng, lalu goreng sekitar 100 gr potongan kulit ayam yang telah dibersihkan. Goreng hingga kulit ayam cukup kering lalu angkat. Akan didapatkan sejumlah minyak berupa larutan lemak ayam di wajan (kolesterol, kolesterol, he2). Sisihkan.

image
Minyak ayam

Kemudian, kita buat ayam cincangnya. Aku menggunakan kulit dan hati ayam, karena masak mie ayam kali ini sekalian memanfaatkan bahan makanan yang ada. Tapi, biasanya, untuk dua porsi mie ayam, satu potong dada bagian atas sudah cukup. Berikut ini bahan2 nya:

Satu potong dada ayam bagian atas, dibersihkan, dibuang tulangnya. Lalu dipotong kecil2. (Aku menggunakan kulit ayam kering sisa membuat minyak, kuiris kecil2, lalu kutambah dengan sepotong ati ayam yang juga kuiris kecil2 dan kugoreng sebentar.)

1 bawang putih, dicincang
2 bawang merah, dicincang
1 batang bawang daun, dipotong2
1 cm jahe, digeprek
100 ml kaldu ayam
Merica secukupnya
Garam secukupnya
3 sdm kecap manis

Cara membuat: 
Tumis bawang merah hingga wangi, lalu masukkan bawang putih. Masukkan potongan ayam, kemudian bawang daun dan kecap manis. Masak hingga matang dan wangi. Lalu tuangkan kaldu ayam.  Masukkan merica dan garam. Masak hingga asat.

image
Inilah jadinya si ayam cincang kecap

Nah, sudah siap semua komponennya, baru kita racik. Taruh mie rebus di mangkuk, beri minyak ayam secukupnya, lalu diaduk. Beri daun sawi rebus dan beberapa sendok ayam cincang. Siap disajikan!

image
Kalau ini foto mie ayam yang sedang dimakan. Lagi2 lupa memotret makanan dalam pose siap saji karena terburu lapar, haha.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s