Rebus Mendidih


Ada beberapa versi dalam teknik merebus. Rebus mendidih biasa disebut dengan merebus saja atau boiling. Bahan makanan dimasak dalam cairan mendidih yang ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung besar yang memecah permukaan. Air mendidih pada temperatur 100 derajat pada tekanan 1 atm. Jika tekanannya tidak berubah, menambah panas tidak akan mengubah titik didih, hanya mempercepat proses untuk mendidih. Jika tekanan ditingkatkan, misalkan dengan menggunakan panci bertekanan tinggi, titik didih dapat ditingkatkan. Penambahan bahan yang mudah larut dalam air seperti gula dan garam juga bisa sedikit menambah titik didih (maka dalam merebus terkadang dianjurkan uuntuk menambah sedikit garam).

Perlu diperhatikan bahwa air yang digunakan harus cukup dan bahan yang akan direbus jangan terlalu banyak. Jika bahan yang dimasukkan ke dalam cairan perebus terlalu banyak, akan menyebabkan temperatur air menurun tiba-tiba dan waktu merebus akan lebih lama. Akibatnya bahan menjadi terlalu matang.

Rebus mendidih dapat dilakukan dalam dua cara: pertama, bahan masakan dimasukkan ke dalam air dingin dalam panci lalu perlahan dipanaskan hingga mendidih; kedua, air direbus hingga mendidih, baru kemudian bahan makanan dimasukkan ke dalamnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s