Merebus di bawah Titik Didih Air



Merebus dapat juga dilakukan dengan memanaskan cairan tanpa mencapai titik didih. Ada dua teknik yang tercakup dalam kategori ini, yaitu poaching dan simmering.

Poaching: cairan perebus dipanaskan hingga mencapai temperatur antara 80-82 oC ketika cairan sedikit bergolak, namun tidak sampai menimbulkan gelembung-gelembung. Poaching dapat dilakukan dengan menggunakan sedikit air. dan makanan tidak sampai terendam (biasanya fillet ikan)  ataupun terendam seluruhnya (biasanya untuk telur). Bahan makanan secara alamiah harus sudah lembut karena proses poaching tidak akan mengempukkannya.

Simmering: temperatur mencapai 83-85 oC dengan gelembung-gelembung kecil yang muncul dan pecah di permukaan air. Proses simmering mengempukkan makanan dengan cara memecah seratnya. Proses ini cocok untuk merebus ayam.

 

Saat merebus tanpa mendidihkan airnya, baik poaching maupun simmering sebaiknya gunakan cairan yang bercitarasa lebih, seperti kaldu, air yang sudah dibumbui, atau diberi tambahan bahan lain (misalkan jeruk lemon atau bawang putih) sehingga akan memberi tambahan cita rasa. Jika tidak, cita rasa bahan makanan tersebut akan berkurang karena larut ke dalam air. Sisa cairan perebus dalam teknik ini biasanya digunakan sebagai bahan saus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s