Ini Resepku, Mana Resepmu?


 

Anak kost-an makan indomie[i]? Biasa. Tapi, kalau cuma direbus dan dibubuhi bumbu dalam kemasannya, ah gak kreatif banget. Kurang sehat pula, karena kandungan gizinya kurang. Di tengah kontroversi masalah makan mie instan, sebenarnya ga apa-apa kalau makan sekali-sekali saja (peace, man, hihi). Ya, apapun, kalau makannya kebanyakan memang ga sehat kan? Tapi berhubung mie instan sekedar sumber karbohidrat yang dibumbui, ada baiknya kalau kita mencampur adukkan berbagai bahan lain ke dalamnya agar santapan kita sedikit lebih bergizi, meski mau tak mau akhirnya, label “instan”nya menjadi sedikit bergeser. Ada beberapa resep, tapi kali ini satu dulu deh, lainnya menyusul. iA.

Ini salah satu resep variasi Indomie Ayam Bawang yang sangat mudah:

 

Bahan:

1 bungkus mie instan Indomie rasa ayam bawang

Setengah batang wortel merah

Selembar daun bawang, diiris tipis

Selembar kol diiris-iris

3 batang sawi diiris-iris

1 buah cabai merah diiris tipis

1 sdm bawang goreng dihaluskan

½ buah tomat merah, dibagi 4

2-3 cabai rawit/ cabe gendot dibiarkan utuh[ii]

Separuh jeruk nipis atau jeruk limau

Tambahan garam (jika kurang asin)

 

Cara Membuat:

 

  1. Rebus mie instan, tiriskan, sisihkan.
  2. Siapkan bumbu mie instan (bisa digunakan semua atau setengahnya saja, tergantung keyakinan masing-masing, hehe[iii]) dan minyak bawangnya pada mangkuk.
  3. Rebus air hingga mendidih, masukkan wortel, bawang, dan cabai. Setelah wortel melunak, masukkan mie yang telah direbus, irisan kol dan sawi.
  4. Biarkan sejenak hingga sayuran matang. Lalu matikan kompor, masukkan irisan tomat dan daun bawang.
  5. Tuangkan mie dan sayuran pada mangkuk yang berisi bumbu. Tambahkan garam jika kurang asin (bila bumbu instan tidak digunakan semuanya). Aduk rata.
  6. Beri air perasan jeruk nipis atau limau agar lebih segar. Jika ingin cita rasa yang lebih pedas, rawit utuhnya dapat dihancurkan sebelum disantap.
  7. Kalau masih kurang sayur, sajikan dengan acar mentimun. Biar lebih mantap, tambahkan emping goreng. Selamat menikmati.

 

 

 

 


[i] Gak pake sembunyi-sembunyian merek ya, karena aku ga memasak mie merek lain biasanya. Tapi kalau ada yang suka yang lainnya sih ya silakan saja diganti.

[ii] Dibiarkan utuh bagi yang ragu-ragu dan khawatir mie-nya akan kepedasan. Jika cabai direbus utuh, tidak akan member rasa pedas yang kuat, namun jika ternyata terasa kurang pedas saat disantap, cabainya bisa langsng dihancukan di mangkuk saji untuk menambah rasa pedas. Cabai yang sudah direbus akan lebih mudah dihancurkan dan lebih kuat cita rasa pedasnya ketimbang irisan cabai mentah yang ditambahkan belakangan.

[iii] Jaga-jaga bagi yang tidak terlalu menyukai bumbu instan atau menghindari MSG, meski baik-buruknya MSG masih jadi bahan perdebatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s