Menanak Kacang Hijau


Bahasa Indonesia: kacang hijau baik untuk kese...
Image via Wikipedia

Kacang hijau termasuk bahan yang selalu tersedia di tempatku. Selain karena kandungan gizinya yang bagus (lihat keterangan di bawah), kacang hijau juga termasuk bahan yang paling bisa dimacem-macemin. Makanan manis atau asin, lauk atau camilan tetep oke.

Proses awalnya seragam, kacang hijau direbus sampai lunak. Dengan rice cooker jadinya lebih mudah. Sama saja dengan cara kita memasak nasi. Kacang hijau dicuci bersih, kacang-kacang yang rusak (biasanya mengambang saat kita merendamnya dengan air) dibuang. Lalu masukkan air secukupnya dan nyalakan rice cooker pada mode memasak, tunggu sampai matang dan tanak. Tadaa, kacang hijau matang siap diolah.

Berbagai variasinya antara lain: bubur kacang hijau, orak-arik kacang hijau, sup kacang hijau, ganasturi, pancake kacang hijau. Silakan mencoba…

Kandungan Gizi Kacang Hijau
Kacang hijau, biji matang, mentah Nilai Kandungan Gizi Kacang Hijau per 100 g (3.5 oz)
Energi 1.452 kJ (347 kcal)
Karbohidrat 62,62 g
Gula 6,60 g
Dietary fiber 16.3 g
Lemak 1,15 g
Protein 23,86 g
Vitamin C 4.8 mg (8%)
Kalsium 132 mg (13%)
Magnesium 189 mg (51%)
Fosfor 367 mg (52%)
Kalium 1246 mg (27%)
Sodium 15 mg (1%)
Sumber: USDA Nutrient database

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s