Kangen Bajigur


sumber gambar: http://mypotret.wordpress.com/tag/bajigur-jalan-cilaki/

Ah, Cilaki teh panglumpatan kuring.

(Terjemahannya: Cilaki itu tempat pelarianku.) Ada sebuah warung yang menyajikan bajigur dan bandrek sangat enak di sana. Harganya masih lumayan murah, terakhir aku beli tahun 2011 masih Rp 3500 rupiah per gelas. Ada sajian pendampingnya juga, berupa gorengan macam-macam. Dari yang sangat populer semacam bala-bala (bakwan), gehu (tahu isi), pisang goreng, hingga yang agak jarang seperti goreng nangka dan goreng nanas. Tapi, rasa gorengannya tidak terlalu istimewa.

Kenapa disebut pelarian? Ya, sederhananya karena hampir tiap kali aku merasa buntu dan merasa perlu minum-minum (kesannya gimana ya, karena minum-minum sudah terasosiasi dengan alkohol), aku pergi kesana. Minum-minum minuman halal, sehat, menghangatkan, dan yang jelas sunda pisan haha. Kenapa tidak kopi? Ah, kopi kan sudah biasa,  setengah dari asupan cairanku setiap hari, lagian bajigur pun sebetulnya termasuk coffee-based beverages. Kadang aku mengobrol dengan teman di sana, tapi seringkali aku pergi sendiri, kemudian sekedar melamun atau sembari menulis.

Meskipun di Bandung banyak sekali penjaja bandrek dan bajigur, tapi yang kualitas premium, ya di sana itu. Bahkan rasanya masih menang dibandingkan dengan bajigur yang harganya sekitar empat kali lipat lebih mahal yang disajikan di sebuah cafe yang sudah membuka beberapa cabang di Bandung. Waktu itu aku iseng memesan bajigur di sana karena ingin membandingkan rasanya. Meski jelas lebih mahal, tapi ya mumpung ditraktir juga, jadi nothing to lose, tidak terlalu kecewa saat mencicipinya. Tentu masih lebih baik dari bajigur seribuan di angkringan. Tapi, dibandingkan yang di Cilaki, masih jauh ah.

Di Jogja sini, bajigur langka. Sekali waktu aku pernah melihat ada tulisan menu bajigur di sebuah warung di daerah Patangpuluhan, tapi tetap rindu Cilaki.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s