Setup Nanas Segar


[note: ricecookerable]

Pulang dari Lembang, melihat nanas-nanas segar berjejer di pinggir jalan, siapa yang tergoda? sayaa! heuheu!

Nanas itu menyegarkan, walau ada beberapa mitos yang biasanya membuat sejumlah orang, terutama perempuan, agak menghindarinya, buat saya, yang penting halal dan proporsional kuantitasnya, berarti masih terkategori thayib kan, ngeles :p.

Langsung saja deh, begitu melihat nanas-nanas tadi langsung terbayang segarnya setup (bacanya bukan “set-ap” , ya) nanas homemade. Masih menunggu satu hari lagi sampai setup nanas ini bisa tersaji, karena tidak ada bahan-bahan yang lengkap di rumah. Langsung saja lah, ini dia resepnya:

Bahan

  • Dua buah nanas yang sedang besarnya.
  • 250 gr gula pasir
  • 4 cm kayu manis
  • 7 buah cengkeh
  • 2 buah cabai merah, diiris halus
  • 1/2 sdt garam
  • 1000 ml air

Cara membuat:

  1. Kupas nanas, bersihkan matanya, potong bentuk kipas, lumuri garam, kemudian cuci bersih.
  2. Rebus air dalam panci dengan gula pasir, kayu manis, dan cengkeh, hingga mendidih dan gula larut.
  3. Masukkan nanas dan cabai merah, masak hingga nanas matang. Masukkan garam, aduk.
  4. Angkat nanas, sisihkan. Biarkan cairan gula tetap mendidih hingga airnya menyusut. (Sesuai selera, jika suka banyak berkuah, berarti diangkat saat air masih cukup banyak).
  5. Matikan kompor. Saring air sisa rebusan dan tuangkan ke atas nanas.
  6. Masukkan ke dalam lemari pendingin, biarkan beberapa jam sebelum disajikan.
ini dia yang sudah jadi ^^
Advertisements

5 thoughts on “Setup Nanas Segar

    1. ga lucu. bikin pendingin darurat dong. di box plastik, masukkan nanasnya, tutup rapat, masukkan kedlam box lebih besar yang sudah diisi bongkahan es batu dan garam, terus tutup. Dulu pas TPB aku pake yang macem gitu kalo belanja ikan pagi2 dan gak sempet dimasak langsung.

      sekarang, untung ada kulkas di asrama.

  1. You post interesting content here. Your blog deserves much more traffic.
    It can go viral if you give it initial boost, i know useful service that can help
    you, just type in google: svetsern traffic tips

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s