Manisnya Gula^^


Dalam istilah kuliner, gula adalah tipe makanan yang diasosiasikan dengan salah satu rasa dasar, yaitu manis. Tetapi, selain untuk pemanis, digabungkan dengan garam, gula pasir juga menjadi penyedap rasa, cukup efektif untuk menggantikan MSG atau MNG.

Menurut kutipan Dwiyani Christy (2007; 22) Sebuah gula adalah bentuk dari karbohidrat, jenis gula yang paling sering digunakan adalah kristal sukrosa padat. Gula digunakan untuk merubah rasa dan keadaan makanan atau minuman. Gula sederhana seperti glukosa (yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim atau hidrolisis asam) menyimpan energi yang akan digunakan oleh sel.

Terdapat beberapa jenis gula yaitu :

1) Gula Tebu

Pertama-tama tebu dihancurkan dan diperas, sarinya dikumpulkan dan disaring, cairan yang terbentuk kemudian ditambahkan bahan tambahan (biasanya di gunakan kalsium oksida) untuk menghilangkan ketidak kemurnian, campuran tersebut kemudian dimurnikan dengan belerang dioksida. Campuran yang terbentuk kemudian dididihkan, endapan dan sampah yang mengambang kemudian dapat dipisahkan. Setelah cukup murni, cairan didinginkan dan dikristalkan (biasanya sambil diaduk) untuk memproduksi gula yang dapat dituang ke cetakan. Sebuah mesin sentrifugal juga dapat digunakan pada proses kristalisasi.

2) Gula Bit

Setelah dicuci, bit kemudian di potong potong dan gulanya kemudian di ekstraksi dengan air panas pada sebuah diffuse. Pemurnian kemudian ditangani dengan menambahkan larutan kalsium oksida dan karbon dioksida. Setelah penyaringan campuran yang terbentuk lalu dididihkan hingga kandungan air yang tersisa hanya tinggal 30% saja. Gula kemudian diekstraksi dengan kristalisasi terkontrol. Kristal gula pertama tama dipisahkan dengan mesin sentrifugal dan cairan yang tersisa digunakan untuk tambahan pada proses kristalisasi selanjutnya. Ampas yang tersisa (dimana sudah tidak bisa lagi diambil gula darinya) digunakan untuk makanan ternak dan dengan itu terbentuklah gula putih yang kemudian disaring ke dalam tingkat kualitas tertentu untuk kemudian dijual.

3) Gula Merah (Gula jawa)

Istilah gula merah biasanya diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan. Secara umum cara pengambilan cairan ini sebagai berikut.

Bunga (mayang) yang belum mekar diikat kuat (kadang-kadang dipres dengan dua batang kayu) pada bagian pangkalnya sehingga proses pemekaran bunga menjadi terhambat. Sari makanan yang seharusnya dipakai untuk pemekaran bunga menumpuk menjadi cairan gula. Mayang membengkak.

Setelah proses pembengkakan berhenti, batang mayang diiris-iris untuk mengeluarkan cairan gula secara bertahap. Cairan biasanya ditampung dengan timba yang terbuat dari daun pohon palma tersebut. Cairan yang ditampung diambil secara bertahap, biasanya 2-3 kali. Cairan ini kemudian dipanaskan dengan api sampai kental. Setelah benar-benar kental, cairan dituangkan ke mangkok-mangkok yang terbuat dari daun palma dan siap dipasarkan. Gula merah sebagian besar dipakai sebagai bahan baku kecap manis.

4) Gula batu

Terbuat dari Kristal bening dari larutan gula jenuh yang mengalami kristalisasi lambat. Memiliki rekahan kecil yang memantulkan cahaya. Rasanya kurang manis karena ada air dalam Kristal.

5) Gula Kristal atau kotak

Adalah gula pasir yang dicetak menjadi bentuk kubus dan diberi sirup gula untuk perekat. Biasanya digunakan untuk minum teh/ kopi

6) Gula palem/gula semut

Adalah gula jawa yang diproses pendinginan dan kristalisasi

7) Gula icing

Gula halus berukuran 0,024 mm yang digunakan sebagai pelapis pada kue/ cake. Dibuat dari gula pasir ditambah bahan anti penggumpal (tepung jagung)sebanyak 1-3% atau ditambah trikalsium fostat

8 ) Gula spun

Adalah gula lembut hasil pendidihan gula. Dibuat dari pencampuran gula pasir + air + krim tar-tar, kemudian dibentuk dengan garpu pengocok. Digunakan untuk dekorasi kue.

9) Gula gelatin

Dibuat dari campuran gula pasir, pectin, asam sitrat(anti oksidan) dan potassium sorbet(pengawet). Gula ini digunakan untuk pembuatan selai dan jeli.

10) Gula vanilla

Adalah gula pasir yang ditambah vanilla asli, biasanya mengandung bintik hitam biji vanilla.

11) Gula vanili

Adalah gula pasir yang ditambah vanilla sintetis(perasa vanilla). Penggunaan gula ini lebih sedikit daripada gula vanila

12) Gula sanding

Gula kasar untuk dekorasi kue panggang oven. Ukuran kristalnya 4 kali gula pasir.

13) Gula cokelat/brown sugar

Dibuat dari gula pasir dicampur molase. Tersedia dalam berbagai ukuran : halus, kotak, dan granul.

14) Gula damerara

Diproduksi di Damerara. Adalah raw sugar cokelat yang digunakan untuk perasa minuman. Bila dimurnikan lebih lanjut bernama gula turbinado.

15) Gula muscovado

Adalah gula raw sugar cokelat dengan warna paling pekat dan lengket. Biasanya digunakan untuk perasa pada minuman. Jenis gula ini dengan ukuran partikel yang lebih halus bernama gula Barbados.

16) Gula piloncillo

Gula tebu buatan mexico yang setengah jadi (raw sugar) ditambah molase kemudian dicetak. Disebut jiggery di India dan pinbian tang di China.

(dikutip dengan perubahan dari: http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi/perhotelan/perbandingan-uji-coba-variasi-bahan-dasar-pembuatan-otak-otak-ikan-dengan-i)

Advertisements

4 thoughts on “Manisnya Gula^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s