Pecel, lotek, gado-gado, ato salad bumbu kacang?


[note: ricecookerable]

Hoho, gak ngerti deh, nanti kalo ilmunya nambah baru ngeh banget perbedaan semuanya, yg jelas biasanya gado-gado ditambah telur rebus, kentang, dan daun selada (mentah pastinya), kalau pecel sayuran utamanya bayam/kangkung, toge, kol, kadang pake wortel. Nah, kalo lotek ditambah kacang panjang, genjer, dan ketimun (mentah jugalah timunnya). Sayuran-sayuran tadi disiangi, dicuci, baru dipotong-potong sesuai selera, kecil2 saja biar lebih cepat juga matangnya.
Rebus sebentar dalam air mendidih yang sedikit (bisa pakai ricecooker kan, lebih baik lagi kalo dikukus, lebih sehat, terus jangan ditinggal waktu merebus atau mengukus, sebentar juga matang kok, kematangan malah gak enak, dan kita cuma dapat ampas sayuran, banyak zat-zat bermanfaat yang rusak), jangan diaduk, dibalik aja kalau yang sebelah sudah layu, lalu tata di piring atau pinggan kalau mau dimakan rame-rame. Bumbu kacangnya? Tak ada ulekan bukan masalah, banyak bumbu pecel dijual di pasaran kok. Tapi lumayan mahal memang, kalau mau murah, bawalah dari rumah, he3. Kayak aku kemarin pesen dari tante yang ada di Jember, home made, mantep lo…hehe.
Campur bumbu pecel tadi dengan air hangat atau panas secukupnya, buat jadi saus. Kalau ingin pedas, iris-iris cabe rawit atau cabai merah keriting yang dicelup sebentar di air panas, hancurkan, aduk dengan bumbu kacangnya, lalu siramkan ke atas sayuran yang tertata di piring/pinggan. Jika suka, bisa ditambah kerupuk, taburkan saja langsung, oia, jangan lupa juga taburan bawang goreng…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s