Optimalisasi Rice Cooker


Anak kost tak semuanya beruntung memiliki dapur di kostan. Jadi seringkali sulit untuk memasak karena keterbatasan tersebut. Tetapi, rata-rata rice cooker tersedia di kamar kost. Biasanya –sesuai namanya—digunakan untuk memasak nasi, kadang-kadang untuk merebus mie.

Sebetulnya sayang sekali kalau rice cooker hanya digunakan minimalis seperti itu. Memang sekarang ada rice cooker lebih canggih yang memiliki pengatur untuk membuat bubur dan lain sebagainya.Dalam  artikel ini saya akan memaparkan beberapa masakan yang dapat dimasak dengan rice cooker, sekedar untuk mengoptimalkan penggunaan magic jar ini.

Pada dasarnya, masakan yang berbasis cara pengolahan direbus dan dikukus dapat dimasak menggunakan rice cooker. Misalkan yang berikut ini:

  1. Agar-agar/pudding: yang paling simple rebus agar-agar dengan gula pasir dan air…ini agar-agar paling tradisional ^^
  2. Bubur kacang hijau. Mulanya saya mencoba membuat bubur kacang hijau dengan cara biasa tapi di dalam rice cooker. Akan tetapi, merebus santan dalam rice cooker tidak disarankan karena santan biasanya meluap-luap saat direbus, dan cukup menyulitkan kita untuk membersihkan rice cooker setelahnya. Jadi saya mencoba teknik lain untuk memasak bubur kacang hijau dengan rice cooker. Setelah dibersihkan, kacang hijau direbus dalam rice cooker, lakukan seperti kita hendak menanak nasi. Angkat kacang hijau ketika indicator rice cooker menunjukkan proses cooking telah selesai, biasanya air telah habis. Jika kacang hijau belum lunak dan merekah, berarti airnya kurang, tambahkan air dan ulang proses yang sama. Keras lunaknya kacang hijau ini sesuai selera sih, jadi silakan saja diatur. Tapi hati-hati juga, jika air habis dan terlambat mengangkat, kacang hijau akan gosong dan baunya tak enak lah ya.Nah setelah kacang hijau siap, segera matikan rice cooker. Sendokkan ke dalam mangkuk, tuang gula pasir sesuai selera, juga bubuhkan sedikit garam. Santannya? Tuangkan santan instan (saya lebih suka menggunakan yang bubuk karena masih bisa disimpan setelah dibuka), lalu tuangkan air panas ke dalam mangkuk tersebut. Hmm, semangkuk bubur kacang hijau semi instan siap dinikmati.
  3. Bubur ayam. Hmm agak kurang suka bubur ayam sih, selain itu cukup repot karena harus terus mengaduk, tapi dibagi sajalah di sini. Rebus daging ayam bersamaan dengan beras dan air untuk takaran bubur (air lebih banyak daripada untuk memasak nasi seperti biasa). Setelah air mendidih dan beras melunak, aduk terus hingga beras/nasi hancur, ayam pun biasanya hancur, dagingnya terlepas dati tulang, jika air kurang tambahkan air. Bumbu lain yang dimasukkan: garam, daun salam, sedikit saus tiram jika suka, kaldu ayam (bisa menggunakan kaldu rebusan sendiri, atau kaldu blok)
  4. Mashed potatoes: rebus kentang yang sudah dicuci dalam rice cooker, begitu matang dan kentang lumayan lunak, angkat, meski masih panas, kupas saja (bisa dilakukan di bawah air mengalir, atau di dalam mangkuk berair), mumpung masih panas, haluskan kentang sehalus-halusnya. Kemudian masukkan kentang halus ke dalam rice cooker yang sudah dibersihkan, tuangkan susu cair, garam, aduk-aduk hingga mengental dan matang. Angkat, taburi merica.
  5. Bubur havermouth
  6. Telur rebus
  7. Telur pindang

Tapi kita pun bisa membuat telur matasapi/ ceplok telor di rice cooker lho, bagaimana caranya? Ya, langsung saja tuangkan sedikit air dan margarin pada rice cooker (air lebih sedikit dari margarin), lantas masukkan telur utuh (hmmm, setelah dikeluarkan dari cangkangnya ya, maksudnya jangan dikocok dulu, hehe), taburi sedikit garam di atas permukaan telur, jangan terlalu banyak karena margarine biasanya sudah asin. tunggu hingga matang.

Yang lainnya juga bisa seperti adonan kue sus, ketan kelapa parut, saus pasta, macaroni schotel kukus, setup buah, sekoteng, dll.

Selanjutnya, setiap resep yang memungkinkan untuk dimasak dengan rice cooker kutandai dengan [note: ricecookerable]. Selamat berkreasi.

Advertisements

12 thoughts on “Optimalisasi Rice Cooker

  1. thx gan, (kaskuser yo?^^)
    untuk penggunaan standar pun (masak nasi doang) rice cooker-nya bisa cepet rusak kalo gak dirawat. Beberapa teknik di atas diujicoba dengan upaya menjaga ricecookernya supaya bisa bertahan lama kok (bribet banet ni bhasa). misalnya pas masak bubur kacang ijo, kenapa kacang ijo-nya ditanak kayak nasi gak direbus angsung bareng santan dan gula, itu untuk mencegah santan yang meluap-luap waktu mendidih dan bisa tumpah ke bagian bawah rice cooker, bisa bikin cepet rusak tu…

    tulisan berikutnya ttg perawatan rice cooker deh, kayaknya, skl lg thx yo, dah berkunjung ^^

    1. ricecooker biasa bisa buat kukus kue juga kok, aku pernah nyoba bikin cake kukus gitu, tapi jadinya ya kecil2 muatnya…

      pernah juga pake aluminium cup yang ditumpuk, sekalian buat penutupnya biar muat lebih banyak (mungkin gak kebayang ya? gd fotonya juga) karena gak pake tempat kukusan bawaan rice cookernya, kutuang adonan kue di sebuah aluminium cup, terus kutumpuk aluminium cup dengan ukuran sama tertangkup diatasnya, supaya uap air gak masuk ke alam kue, terus sekelilingnya kuselotip supaya gak bocor, sukses kok, ngembang juga kuenya, lumayan lah, he2

  2. (•͡˘˛˘ •͡ “) Wåђђ•• Ngebantu bget íπí. Boleh bget dicoba. Scra dikos byk bgt ya Ÿªňƍ msti dibli alat2 msk. Pdhl msk na jarang. Klo buat goreng2 tahu/tempe gt gmn crnya y mbk? Bisa?

    1. wah, kalau goreng-gorengan gak yakin bisa pakai rice-cooker. prinsipnya sih bisa saja karena bisa mendidihkan minyak, tapi karena bentuk ricecooker sendiri agak sulit sepertinya (paling kayak deep frying pan gitu ya). selain itu gak tahu apakah relatif mempercepat kerusakan ricecooker-nya juga. saya sendiri belum pernah coba. selama ini fokusnya pada teknik memasak kukus, atau rebus saja. mungkin lebih baik kalau pakai wajan di atas kompor listrik giu kali ya…:)

      1. Ud dcoba mbk, berhasil. Kdg pke buat tumis sayuran,buat goreng nasi goreng,buat msk air panas.hohoho dimaximalkan soal na budget jυƍά Ğªќ>:/ memadai. Cm klo buat goreng tmpe ato pa saja Ÿªňƍ minykny byk,Ъќ>:/ bs krn minyk na msti byk bgt bda klo pke kuali. Trus buat didihkan minyk sndiri lama na mint ampun. Ud pernh sy cobain 2x,gagal.nxt tm buat minyk byk Ъќ>:/ lgi deh.ampun nunggu na.

  3. Kalo masak pakai rice cooker /macig com,klo posisi tombol cook/ masak,tutup nya boleh d buka y?misal mo aduk2 bubur atau msukin bahan tambhan gtu.trus klo masakannya udah matang,,rice cookernya tinggal cabut aja atau hrs gnti k posisi warm dlu,,cepet rusak g nti?
    Maaf klo kebanyakan,,trims sebelumnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s